Tuesday, January 10, 2023

10 Peran Suami Saat Istri Hamil

PERAN SUAMI DALAM MENDAMPINGI ISTRI HAMIL

Kehamilan adalah momen yang sangat penting bagi pasangan suami istri, karena salah satu dari tujuan pernikahan yang menyatukan dua orang ini adalah meneruskan keturunan. Kehamilan merupakan kondisi yang sangat berat bagi seorang istri atau calon ibu, sehingga peran suami atau calon ayah sangat penting dalam mendampingi istri selama kehamilan.




mendampingi istri dalam kondisi hamil, serta membantu istri gar kehamilannya lancar, merupakan peran suami dalam dalam menunaikan tugas sebagai suami siaga dan sebagai upaya dalam menjalankan 8 fungsi keluarga. sebagai suami atau calon ayah, mungkin akan bertanya-tanya, apa saja sih peran suami dalam mendampingi istri dalam masa kehamilan.

berikut 10 peran suami dalam mendampingi istri saat kehamilan

1. Sering-seringlah elus perut istri dan ajak ngobrol janin

Mengelus perut istri sangat dianjur untuk dilakukan, karena elusan yang diberikan oleh suami ke perut istrinya yang sedang hamil, akan dirasakan pula oleh janin dalam kandungan, sehingga dengan elusan tersebut membentuk bonding antara ayah dan janin dalam kandungan.

selain itu mengelus perut istri yang sedang hamil memiliki manfaat sebagai berikut :
  • Menstimulasi perkembangan otak janin
  • Bayi akan merasakan kasih sayang sejak dalam kandungan
  • Membuat hubungan anak dan orang tua semakin dekat
  • Anak menjadi Cerdas
  • Mengurangi rasa nyeri saat melahirkan 


2. Ikut andil dalam pekerjaan rumah

Pekerajaan rumah adalah pekerjaan yang tidak ada habisnya. namun dikebanyakan pemikiran pekerjaan ini seolah menjadi tanggung jawab istri. mungkin karena analogi istri adalah ibu rumah tangga yang mengurus rumah tangga dan lebih lama berada di rumah, sedangkan suami adalah pencari nafkah. namun alasan ini sebaiknya tidak terlalu kuat dipegang, karena pada dasarnya rumah adalah tempat dimana suami dan istri tinggal sehingga sudah menjadi kewajiban bersama dalam mengurus keasrian, kenyamanan dan lain hal yang berkaitan dengan rumah.

Terelebih dengan kondisi istri yang sedang hamil, sudah sepatutnya seorang suami meringankan pekerjaan istri dalam mengurus rumah tangga. bahkan dalam beberapa keterangan menyebutkan kan bahwa " suami yang membantu pekerjaan rumah merupakan perbuatan baik yang dicontohkan oleh Nabi Muhamad SAW, sebagai bentuk ciri dari kebiasan orang-orang shalih dan menunjukan keluhuran akhlak"

3. Tanyakan apa yang istri inginkan

buatlah istri merasa lebih diperhatikan, dengan memanjakan istri dan memenuhi permintaannya, selama permintaan istri masuk akal apa salahnya seorang suami bekerja keras untuk memenuhinya. ketika ia minta dibawakan air hangat, ambilkan lah air hangat dengan ikhlas, bahkan sebaiknya langsung menawarkan sebelum istri meminta.

4. Beri pelukan lebih sering agar istri merasa lebih nyaman

Saat masih menjadi pasangan baru menikah, memberikan pelukan dan kecupan merupakan hal yang sering dilakukan. tetapi seiringnya waktu hal tersebut menjadi hilang secara perlahan. padahal memberikan pelukan kepada istri memberikan beberapa manfaata diantaranya :
  • Meningkatkan keromantisan
  • Membantu komunikasi
  • Membantu meringankan beban istri
  • Menghilangkan stress
  • Meningkatkan suasana hati
  • Meredakan emosi
  • Jarang bertengkar
dengan begitu banyaknya manfaat untuk memeluk istri sudah sewajarnya seorang suami memberikan pelukan lebih sering kepada istri yang sedang hamil, sebagai upaya memberikan kenyamanan kepada istri.

5. Jika kehamilan anak kedua sering seringlah ajak main si kakak

Kondisi psikis istri sedang hamil biasanya kurang stabil, jadi perlu ketenangan dan kenyamanan dalam menjalani masa kehamilan, hal itu akan sulit dilakukan jika calon si kakak dari bayi yang masih di dalam kandungan masih sering merengek dan mengganggu ibunya.

untuk itu peran suami selanjutnya adalah membawa main anak pertama, selain memberi ketenangan kepada istri dalam menjalani masa kehamilannya, dengan membawa main si kakak dari calon bayi yang sedang dikandung adalah memberikan rasa perhatian dan kasih sayang kepada si kakak. Karena secara tidak langsung mental si kakak akan terguncang dengan anggapan bahwa seolah kita lebih memperhatikan bayi dibanding dia. untuk itu dengan sering membawa main si kakak, kita memastikan kepada si kakak bahwa kasih sayang kepada nya tidak akan berkurang dan berubah.

6. Dengarkan keluh kesah istri dan beri semangat

Seorang istri yang sedang hamil mereka memang merasakan bahagia, senang ketika kabar baik tentang hamilnya itu. Tetapi juga kadang mereka merasa gugup dan takut dalam menjalani masa kehamilannya. 

Dengan perubahan kondisi fisik yang semakin hari semakin membesar, ditambah rasa nyaman yang mulai mengganggu kondisi psikis istri, maka jadilah suami yang mau mendengarkan keluh kesah istri, jadilah pendengar yang baik yang mau mendengarkan curahan hati sang istri, berikan semangat agar mood istri bangkit lagi dan mampu menjalani masa kehamilan dengan penuh kebahagiaan.

7. Berusaha untuk mengantar istri kemana saja

Untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan istri yang sedang menjalani masa kehamilan, suami harus mengusahkan untuk mmapu mengantar istri kemana saja saat bepergian. apalagi sekarang ada beberapa kelas ibu hamil yang bisa diikuti oleh para istri yang sedang hamil.

Dengan mengantar istri kemana saja saat bepergian istri merasa terjaga dan diperhatikan, sehingga akan membuat mood istri lebih baik dan bersemangat dalam menjalani kehamilan.

8. Temani saat periksa ke dokter kandungan

Untuk menjadi suami siaga, maka temani istri yang akan memeriksakan kehamilannya ke dokter atau ke bidan, karena keberadaan suami di samping mereka saat memeriksakan kehamilan akan memberikan kenyamaan kepada istri, serta menunjukan kepedulian suami terhadap istri.

Selain itu dengan menemani istri memeriksakan kehamilan, suami jadi mengetahui perkembangan calon bayi yang ada dalam kandungan.

9. Bantu persiapan persalinan

Keberdaan suami disamping istri saat melahirkan menjadi hal yang sangat penting. keberdaan suami sebagai booster bagi istri untuk meningkatkan kesiapan dan membuat tenang dalam proses kelahiran, sehingga ada kekuatan bagi istri untuk melewati masa-masa sulit ini. dengan siapnya istri dalam menjalani proses kelahiran akan mempermudah dan memperlancar buah hati lahir dengan sehat dan selamat.

10. Yang lebih penting lebih banyaklah mendoakan istri dan calon adik bayi

Peran suami yang terakhir adalah peran yang tak kalah penting dengan peran-peran sebelumnya. yaitu mendoakan istri dan calon bayi agar lahir dengan sehat dan selamat.

karena ada pepatah yang mengatakan jikalau usaha tanpa doa adalah takabur, maka serahkanlah segala usaha kita kepada sang pencipta agar semuanya berjalan lancar dans sesuai harapan.

No comments:

Post a Comment